Mar 23/17 · 3128 hits

Para Peraih Gelar Superseries Pertama Indonesia Tiap Nomor

Berita Bulutangkis

bulutangkis-Para Peraih Gelar Superseries Pertama Indonesia Tiap Nomor

Para Peraih Gelar Superseries Pertama Indonesia Tiap Nomor

Menjadi yang pertama biasanya akan mendapat catatan tersendiri dalam sejarah, termasuk bagi mereka yang memperoleh gelar superseries pertama pada gelaran perdana turnamen tersebut di Malaysia, tahun 2007 silam. 

Berikut mereka yang berhasil memenangkan gelar superseries perdana pada Malaysia Open Superseries yang digelar 16 - 21 Januari 2007 di Kuala Lumpur.

  1. MS: Peter Gade (Denmark)
  2. WS: Zhu Lin (China)
  3. MD: Koo Kien Keat /Tan Boon Heong
  4. WD: Gao Ling/Huang Sui (China)
  5. XD: Zheng Bo/Gao Ling (China)

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia memang tidak meraih gelar pada turnamen perdana superseries tersebut, namun tak perlu menunggu lama, pada seri ke-5 turnamen superseries, tepatnya pada seri Singapore Open Superseries, akhirnya Indonesia berhasil merebut gelar superseries pertamanya.

Siapakah peraih gelar superseries pertama bagi Indonesia tersebut? mari kita simak pembahasannya pada tiap nomor:

Tunggal Putra: Sony Dwi Kuncoro, June 2008


Sony Dwi Kuncoro, tidak hanya sebagai pemain tunggal putra peraih gelar superseries perdana nomor tunggal putra untuk Indonesia, namun juga merupakan pemain tunggal putra Indonesia dengan gelar superseries terbanyak (5 gelar)

Gelar superseries pertama tunggal putra Indonesia dipersembahkan Sony pada tahun 2008 di kandang sendiri di Istora Senayan pada kejuaraan Indonesia Open 2008, dengan mengalahkan Simon Santoso di Final melalui pertarungan 3 game.

Tunggal Putri: -

Sayang sekali, setelah hampir 10 tahun penyelenggaraan superseries, Indonesia belum mampu memenangkan gelar superseries di nomor tunggal putri.

Ganda Putra: Candra Wijaya/Tony Gunawan, September 2007

Gelar superseries pertama Indonesia di ganda putra diraih pada kejuaraan Japan Open 2007 oleh pasangan emas Olimpiade 2000, Canda Wijaya/Tony Gunawan. Di Final mereka mengalahkan pasangan Indonesia lainnya Luluk Hadiyanto /Alvent Yulianto.


Gelar yang mereka raih di Jepang saat itu, juga sekaligus menjadi gelar superseries mereka satu-satunya sebagai pasangan.Saat memenangkan gelar tersebut Tony Gunawan telah berkewarganegaraan Amerika.

Gelar superseries Ganda Putra pertama yang dimenangkan oleh murni pasangan Indonesia adalah  China Open 2007 saat Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil membawa pulang gelar tersebut dengan megalahkan pasangan China Guo Zhendong /Xie Zhongbo


Ganda Putri: Lilyana Natsir/Vita Marissa, China Masters July 2007

Liliyana Natsir dan Vita Marissa meraih gelar superseries pertama di kandang panda, dengan status bukan sebagai pemain unggulan. Total gelar superseries mereka berdua sebagai pasangan ganda putri adalah 2 gelar, dengan 1 gelar lainnya dimenangkan di Indonesia Open.

Ganda Campuran: Flandy Limpele/Vita Marissa, Singapore Open May 2007

Flandy Limpele dan Vita Marissa bukan hanya peraih gelar superseries ganda campuran pertama Indonesia, namun juga sebagai peraih gelar superseries pertama untuk Indonesia. Vita sendiri sukses sebagai pebulutangkis wanita Indonesia sebagai peraih gelar superseries pertama di dua nomor sekaligus, yakni ganda putri dan ganda campuran.

Login to give a comment
Post